Makanan Khas Kepulauan Riau = Tanjung Pinang

Jumat, 14 Oktober 2016

Kepulauan Riau adalah bagian dari wilayah Sumatera, walaupun provinsi ini adalah Kepulauan. Kepulauan Riau beribukota di Tanjungpinang. Jika Anda datang ke kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga maka Anda berada di Kepulauan Riau. Karena Kepulauan maka kuliner khas Kepulauan Riau adalah makanan laut. Namun tidak jarang perpaduan masakan melayu juga kental disini.

Kepulauan Riau sebagai pintu masuk wisatawan mancanegara kedua setelah Bali menjadikan provinsi ini tujuan wisata oleh wisatawan. Jika Anda datang ke salah satu kota di Kepulauan Riau, setelah tujuan Anda terpenuhi pastilah kuliner yang dicari walaupun hanya sekedar minum kopi satu cangkir saja. Ya, segala rutinitas keseharian kita tidak jauh dari yang namanya kuliner. Terlebih jika Anda memang sedang dalam status sebagai wisatawan. Yakin tidak mencoba kuliner khas di destinasi yang Anda kunjungi? Paling tidak, membuat Anda “like as local” karena tahu salah satu kebiasaan masyarakat setempat, terlebih dalam urusan perut. Berikut 7 Kuliner Khas di Kepulauan Riau yang patut Anda coba:

1. GONG GONG 
Gong Gong atau Siput merupakan makanan khas masyarakat di Kepulauan Riau. Makanan ini biasanya diolah dengan cara direbus lalu dimakan dengan sambal khusus. Gong gong tidak hanya terkenal di Kepri tetapi juga sudah dikenal hingga ke Malaysia, Singapura, Korea, Thailand hingga India karena rasa dan aromanya yang khas. Di Kepulauan Riau, hewan laut ini banyak ditemukan di perairan Desa Lobam, Tanjung Uban, Pulau Bintan dan Batam. Kandungan gizi Gong Gong sangat tinggi, bahkan sebagian orang percaya makanan Gong Gong ini mampu meningkatkan pertumbuhan hormon dan meningkatkan vitalitas


2. MIE TAREMPA 
Mie Tarempa atau Mie Siantan berbahan mie kuning dari tepung terigu, telur, kecambah dan potongan ikan laut yang digoreng dengan bumbu cabai, menjadikannya khas ini sangat mudah ditemui jika anda berada di Kabupaten Anambas, namun di Tanjung Pinang juga ada satu tempat yang sudah terkenal menjual Mie Tarempa yakni Kedai Kopi Selera Bintan yang beralamat di jalan Basuki Rahmat.




3. LEMPOK DURIAN 
Lempok Durian adalah sejenis dodol khas yang dibuat dari buah durian Siantan yang lezat. Penganan khas Anambas ini memiliki rasa yang khas dan lebih legit, jika dibandingkan Lempok Durian buatan Sumatera ataupun Kalimantan. Pembuatan lempok ini dilakukan secara turun temurun oleh masyarakat dengan teknologi sederhana. Untuk mendapatkannya. Anda bisa membelinya di sejumlah kedai makanan yang tersebar di sejumlah titik di Kota Tarempa atau Letung.




4. LAKSE 
Lakse adalah makanan khas sejenis mie yang dicampur dengan bumbu racikan khas Tionghoa dan Melayu. Lakse memiliki bentuk mie bulat putih dan sedikit tebal. Nama Lakse diambil dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti banyak.Hal ini menunjukan bahwa mie Lakse dibuat dengan berbagai bumbu. Lakse di Kepulauan Riau tersaji dalam beberapa macam, salah satunya adalah Lakse khas Anambas yang termasuk dalam kategori Lakse kari dengan kuahnya yang berlemak dan pedas serta kaya akan rempah, dijamin enak dan membuat anda ketagihan untuk mencobanya lagi.

5. KERUPUK ATOM 
Makanan khas Anambas ini terbuat dari ikan tongkol rasanya yang lezat dan gurih ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai cemilan maupun teman makan anda. Di kota Tarempa atau Letung, panganan tradisional khas ini bisa diperoleh di kedai-kedai atau langsung ke tempat membuatnya. Umumnya Kerupuk Atom ini diproduksi oleh rumah tangga dan dalam jumlah terbatas. Produsennya bahkan kadang hanya memproduksi unuk memenuhi pesanan saja.





6. KOPI HAWAII 
Berkunjung ke Kijang Bintan, sempatkan kunjungi kedai kopi yang satu ini. Namanya kedai kopi hawaii. Konon, kopi yang diracik di kedai ini memiliki rasa yang khas, berbeda dengan kopi-kopi di tempat lain. Tertarik? Datang dan buktikan sendiri. Yang khas adalah sedari pagi sudah dipenuhi pengunjung, terutama mereka para penikmat kopi hawaii. Jadi jangan sampai tidak kedapatan tempat duduk ya


7. SUP IKAN 

datang ke Kota Batam. Sup ikan Batam ini biasanya berbahan ikan tenggiri dan termasuk kategori clear soup atau sup dengan kuah yang cenderung jernih. Sedikit perasa air jeruk nipis, serta beberapa tetes kecap asin. Lalu kalau anda menyukai rasa pedas, silakan tambahkan rajangan cabai rawit kedalamya. Rasanya? Sudah pasti lezat dan gurih.

Dengan beragam macam kuliner khas yang salah satunya Lakse, Sup Ikan dan tentunya Kopi Hawai memang patut untuk dicoba diantara 7 Kuliner Khas di Kepulauan Riau membuat pengalaman Anda berharga. Berharap bisa kembali lagi tentunya dengan suasana yang berbeda bersama orang yang disayangi.