Makanan Khas

Jumat, 14 Oktober 2016

Seperti tetangganya, Pulau Belitung, Pulau Bangka memang memiliki begitu banyak pantai yang indah. Tapi jangan sampai terlalu asyik menjelajah pantai hingga melewatkan kesempatan berwisata kuliner di Bangka. Pasalnya, pulau ini terkenal sebagai surga kuliner yang dipenuhi berbagai jenis makanan dan minuman yang kaya cita rasa. Pernah dengar martabak bangka, mie bangka, atau kerupuk bangka? Ya, semuanya memang berkampung halaman di Pulau Bangka. Apa saja sih makanan yang perlu dicicipi di Bangka?

1. Otak-otak Khas Bangka

Siapa nggak suka otak-otak? Camilan berbahan dasar ikan ini merupakan kuliner istimewa di Bangka. Ketika jalan-jalan sore, kamu bisa coba jajanan yang satu ini. Selain di alun-alun Pangkalpinang, kamu bisa cicip otak-otak Bangka di Belinyu. Belinyu memang dikenal sebagai “kampung halaman” otak-otak Bangka, so otak-otak Bangka paling enak biasanya buatan orang Belinyu. Sebagai teman makan otak-otak, coba juga es kacang merah yang manis, lembut dan segar.

Di Bangka, ada berbagai jenis otak-otak, seperti otak-otak satai goreng, aneka pempek rebus, pempek panggang, uyen (talas goreng), empiang (pempek kulit), otak-otak ikan yang dibungkus daun pisang dan dibakar, dan masih banyak lagi. Semuanya enaknya dimakan di tempat, ketika masih ngebul dan panas.

Yang membedakan otak-otak Bangka dengan yang lain adalah cocolannya. Jenis cocolan atau saus yang menemani otak-otak hadir dalam beberapa pilihan, seperti cuka terasi, cuka tauco, dan cuka pedas buatan rumahan. Rekomendasi tempat makan otak-otak di Bangka antara lain otak-otak “Ase” di Jl. Kampung Bintang dan otak-otak “Samoichi” di dekat supermarket lama. Beragam otak-otak khas Bangka juga bisa kamu temukan di samping alun-alun kota Pangkalpinang bisa dengan harga antara 1.500 hingga 2.000 rupiah per-potong.

2. Susu Kedelai Malam Hari di Pangkalpinang
Sore hari menjelang malam, di alun-alun Pangkalpinang, kamu bisa mampir di kedai-kedai “kaget” yang menjual susu kacang kedelai dan berbagai kue basah. Susu kacang kedelai khas Bangka ini dikenal dengan nama Tai Fu Sui. Ada ciri khas rasa yang membedakan Tai Fu Sui dengan susu kedelai biasa. Apalagi diminum panas-panas, sambil menikmati suasana kota Pangkalpinang, nikmat! Tapi untuk kamu yang suka dingin, penjualnya juga menyediakan Tai Fu Sui dingin dengan es. Kadang di kedai-kedai dadakan yang menjual Tai Fu Sui juga menyediakan otak-otak sebagai teman minum susu kedelainya.

3. Bakmi Bangka
Kamu pasti pernah mencicipi Mie Ayam Bangka yang khas dan terkenal itu. Bakmi Bangka atau Mie Bangka adalah kuliner khas Bangka yang sudah sangat dikenal di daerah lainnya, termasuk di Jakarta. Tapi kalo makan di Bangka langsung, rasanya beda dan enak sekali. Gurih daging ayam bercampur nikmatnya bumbu minyak wijen. Di Bangka, pilihan daging yang menyertai bakmi-nya tak hanya ayam. Ada juga mie babi. Jadi sebaiknya kalo kamu tidak bisa makan makanan non-halal, tanya-tanya dulu ya. Untuk teman makan Mie Bangka, ada semangkuk bakso yang isinya macam-macam, seperti bakso ikan, fukian (otak-otak yang dibungkus kulit tahu), sayuran dan tahu. Tambah sambal tauco, yummy!

Tempat makan Mie Bangka yang recommended adalah di kedai mie “Akau”  di Jalan Kampung Bintang. Pilihan lainnya ada rumah makan “Asu” di dekat Plaza Ramayana. Kedua tempat itu memang ramainya minta ampun, jadi harus sabar menunggu ya.

4. Seafood Khas Bangka
Seafood mungkin merupakan makanan yang biasa kita makan, tapi di Bangka, kuliner seafood yang ada enaknya beda. Daerah Sungailiat yang dikenal karena pantai-pantai indahnya juga merupakan surganya seafood di Bangka. Sebut saja restoran New Raja Laut dan Rock Island di Pantai Parai Tenggiri, atau Ocean Grill Beach di Pantai Tanjung Pesona. Seafood jenis apapun ada di sini. Sebut saja udang goreng tepung dan udang bakar berukuran jumbo, aneka jenis ikan, cumi, kepiting, sotong dan tak ketinggalan siput gonggong juga ada.


5. Rusip, Teritip dan Kecalok khas Bangka

Sambal rusip adalah makanan khas Bangka yang populer di Pangkalpinang. Mirip sambal roa, bedanya rusip terbuat dari ikan bilis segar yang dimasukkan dalam botol, diberi garam dan gula kabung (gula aren) lalu difermentasi. Sekitar sebulan, sambal rusip siap dimakan. Sambal ini nikmat dimakan bersama cabai dan bawang merah, bersama nasi panas mengepul. Teritip mirip rusip, tapi yang digunakan adalah teritip atau siput laut, bukan ikan bilis. Begitu pula dengan kecalok yang menggunakan udang halus yang difermentasi. Baik rusip, teritip atau kecalok sering dijadikan oleh-oleh khas Bangka oleh turis.


6. Kemplang dan Kritcu
Kemplang atau dikenal sebagai kerupuk Bangka terbuat dari tepung sagu yang dicampur daging ikan tenggiri atau cumi. Ada berbagai jenis kemplang, seperti kemplang bakar atau kemplang goreng. Dimakan dengan sambal terasi, pasti bikin kamu ketagihan. Kritcu lain lagi. Snack satu ini dibuat dari telur cumi yang renyah dan gurih. Keduanya sering juga dijadikan oleh-oleh.

Nah itu dia berbagai kuliner yang wajib dicicipi di Bangka. Jika setelah baca ini kamu lapar, artinya sudah saatnya pesan tiket atau paket liburan ke Pulau Bangka sekarang juga. Selamat berwisata kuliner!***