Makanan Khas Kalimantan Timur

Jumat, 14 Oktober 2016

Begitu beragam kekayaan yang ada di indonesia, baik itu dari segi budaya, adat istiadat sampai makanan pun mungkin jika didokumentasikan dalam sebuah buku bisa jadi tebalnya setebal kamus ukuran besar. Berbicara makanan khas indonesia, wilayah kalimantan timur turut memberikan kekayaan makanan khas di indonesia. Makanan yang ada di kalimantan timur sangat dipengaruhi oleh budaya baik itu dari suku asli maupun suku pendatang seperti kutai, jawa, bugis, banjar maupun dayak.

Tanpa berpanjang lebar langsung saja dibawah ini terdapat 5 makanan khas kalimantan timur :

1. BUBUR PEDAS


Adalah makanan khas suku melayu sambas kalimantan barat. Menengok dalam sejarahnya konon bubur pedas ini menjadi makanan yang sering disajikan dalam kerajaan. Dinamakan bubur pedas bukan sebab penggunaan cabai yang sangat banyak melainkan aroma rempah – rempah dalam bubur. Cara memasak bubur ini yaitu dengan mencampurkan kelapa sangrai dan beras sangrai yang sebelumnya telah dihaluskan dengan cara ditumbuk. Rempah – rempah lainnya juga ditambahkan saat proses penumbukan seperti bawang merah putih, daun salam, adas, kunyit, ketumbar, jinten, sereh, lada hitam, cabai, lengkuas dan aneka sayur yang sesuai dengan selera.

2. AYAM CINCANE

Merupakan salah satu kuliner di kota samarinda yang menjadi andalan di sana. Biasanya oleh masyarakat samarinda, ayam cicane ini dijadikan hidangan utama saat menyelenggarakan pesta pernikahan maupun acara – acara lainnya. Ciri khas dari ayam cincane ini adalah bumbu yang berwarna kemerahan. Jika anda ingin mencicipinya, ayam cincane dapat anda jumpai di beberapa rumah makan ataupun kedai.

3.NASI BAKEPOR

Komposisi dari nasi bekepor adalah terdiri dari nasi liwet yang dicampur dengan potongan ikan asin, rempah – rempah dan minyak sayur. Dalam penyajiannya nasi bekepor biasanya disandingkan dengan daging masak bumi hangus dan sayur gangan asam kukar sebagai lauk tambahan. Penjelasan mengenai sayur gangan asam kukar, adalah sejenis sayur asem yang dimasak dengan campuran di dalamnya kepala ikan dan ubi manis.

4. NASI KUNING

Makanan khas yang dimiliki kalimantan timur salah satunya adalah nasi kuning. Terbuat dari beras yang dimasak dengan santan rempah – rempah serta termasuk kunyit. Bumbu – bumbu dan santan yang ditambahkan ini membuat warna nasi menjadi kuning dan rasanya lebih gurih dari pada nasi putih. Biasanya nasi kuning disajikan sebagai tumpeng dan disertai bermacam lauk pauk.

5. AMPLANG

Adalah sejenis camilan kerupuk dengan bentuknya yang unik menyerupai kuku macan. Salah satu bahan dari amplang adalah ikan laut. Rasa ikan yang gurih membuat amplang banyak diburu orang untuk dijadikan oleh – oleh ataupun sekedar camilan keluarga di rumah.

Demikian informasi kami tentang 5 makanan khas kalimantan timur yang semoga bermanfaat bagi pembaca yang budiman.