Makanan Khas di Bandung-Jawa Barat

Jumat, 14 Oktober 2016

Kota Bandung tidak hanya terkenal dari segi wisata nya yang unik, Kota Bandung ini ternyata menyimpan keanekaragaman kuliner yang menarik untuk kamu coba. Salah satu kuliner yang patut kamu coba di sebut Kota Kembang ini adalah jenis makanan ringan khas yang terkenal di kota ini.

Mari yuk kita cek satu persatu, apa saja jajanan khas Kota Bandung? Berikut ini 30 makanan lezat khas Kota Bandung yang bisa kamu coba:

Makanan Khas Bandung

1. Makanan Khas Bandung -Surabi atau Serabi-

Surabi khas Bandung yang terbuat dari tepung ini begitu mirip dengan pancake. Bedanya adalah surabi dibuat dengan cara dibakar diatas tungku dan adonannya sangat tebal.

Peralatan yang digunakan untuk membakar atau membuatnya, menggunakan alat sederhana, yakni dengan tungku yang terbuat dari cetakan tanah liat. Alat inilah yang membuat makanan yang satu ini menjadi nikmat dan terasa keasliannya.

Untuk pelengkap kamu bisa memilih toping campurannya, yaitu toping nangka, keju, coklat, pisang, duren atau sosis. Toping paling unik, kamu bisa memilih surabi toping oncom. Surabi ini terkenal enaknya berada di Kampus NHI, Jalan Setiabudi.

2. Makanan Khas Bandung, -Pisang Coklat (Piscok)-

Beda dari pada pisang yang lainnya, makanan yang satu ini unik, dan banyak diketahui adalah pisang keju, pisang goreng dan lain-lain. Namun, beda dengan makanan ini, yakni pisang dilumeri coklat dan ditutup oleh kulit lumpia lalu di goreng.

Bener-bener nikmat dimakan kalau selagi panas, coklat yang bener-bener lembut akan membuat lidah kamu dimanjakan banget lho! selain itu rasa piscok ini sangat gurih banget. Coba dah, kalau kamu berkunjung ke sana.

3. Makanan Khas Bandung, -Cimol (Aci Digemul)-

Singkatan dari nama makanan ini yaitu, aci digemul (tepung kanji) yang terbuat dari bahan dasar kanji (tepung), dan dibentuk bulat kecil sedemikian rupa serta nanti akan mengembang sendiri, jika digoreng.

Sama seperti baso goreng, makanan khas Bandung ini dibumbui hampir mirip dengan bumbu basreng. Namun, yang satu ini rasanya sangat kenyal, gurih dan sangat lezat. Apalagi kalau disajikan saat panas dan ditemani secangkir teh atau kopi.

4. Makanan Khas Bandung, -Siomay Bandung
Makanan khas Bandung yang satu ini yang sering kita jumpai, mulai di sekolah, perumahan, pinggir jalan dan juga ada di perkantoran.

Siomay Bandung ini terbuat dari daging ikan, dicampur dengan sagu dan semakin nikmat dengan bumbu kacang. Apabila kamu singgah di Kota Bandung, mampirlah ke Jalan Veteran Bandung, disana terdapat siomay yang sangat enak yang biasa diberi nama Kingsley dan telah menjadi favorit di kalangan masyarakat.

5.Makanan Khas Bandung, -Bandros-

Jajanan atau makanan khas Bandung yang satu ini berbahan tepung terigu yang di adoni dengan santan kelapa. Kemudian, di masak di atas percetakan cekung, setelah itu diberi taburan kelapa parut.

Paling enak dimakan selagi matang dan hangat. Jajanan ini dibandrol ini dengan harga 3000/ 5 bandros.

6. Makanan Khas Bandung, -Nasi Tutug Oncom

Kuliner ini salah satu makanan yang paling enak, karena nasinya diolah dengan cara di bakar bersamaan dengan bumbu oncom dan diberi sedikit tepung tapioka (tepung kerupuk). Masakan yang satu ini paling enak kalau ditemani dengan sambal dan kerupuk ditambah sedikit sayuran.

7. Makanan Khas Bandung

Peuyeum ini salah satu makanan khas kota Bandung yang sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Bila kamu belum familiar dengan makanan yang satu ini, apa itu peuyeum?

Peuyeum adalah makanan yang mirip dengan tape, namun perbedaannya adalah peuyeum ini lebih kering, dikarenakan cara membuatnya itu beda banget. Dalam penyajiannya, kamu dapat mencoba peuyeum dengan toping keju atau coklat dan bisa mencoba variasi yang lainnya.

8. Makanan Khas Bandung, -Mie Kocok
Mie yang satu ini biasa dapat di bedagang menggunakan gerobak layaknya tukanng bakso. Makanan khas kota Bandung ini diolah dengan cara, mie yang bentuknya sedikit datar, dan hidangannya itu diberi berbagai sayuran seperi toge serta diberi tambahan seperti kikil sapi yang sangat empuk yang sudah direbus hingga matang sedimikian rupa.

Kenapa disebut mie kocok? Karena mengolahnya mie ini dengan cara diaduk dan dikocok, sebelum di sajikan kepada pembeli atau peminat mie.